Kamis, 17 November 2016

Gaya Gesek

                                                                                                Rabu, 10 Agustus 2016
                                                                                                07:15 am


            Saya biasanya pergi kekampus dengan teman-teman saya dengan berjalan kaki. Saat kita berjalan tentunya akan terjadi gesekan / gaya gesek antara sepatu yang kita pakai dengan permukaan jalan yang kita lewati. Pengertian dari gaya gesek itu sendiri adalah gaya yang ditimbulkan jika ada 2 benda atau lebih saling di gesekan atau bersinggungan dengan salah satu atau kedua permukaan benda kasar.
            Ada dua jenis gaya gesek yang bekerja pada benda, yaitu :
1.      Gaya gesekan statis (fs)
Gaya gesekan statis bekerja pada saat benda dalam keadaan diam dan nilainya mulai dari nol sampai suatu harga maksimum. Jika gaya tarik / dorong yang bekerja pada suatu benda lebih kecil dari gaya gesekan statis maksimum, maka benda masih dalam keadaan diam dan gaya gesekan yang bekerja pada benda mempunyai besar yang sama dengan nilai gaya tarik / dorong pada benda tersebut.besarnya gaya gesekan statis maksimum adalah :
dimana µs adalah koefisien gesekan statis dan N adalah gaya normal.
Besarnya gaya normal (N) tergantung besarnya gaya tekan benda terhadap bidang secara tegak lurus.

2.      Gaya gesekan kinetis (fk)
Gaya gesekan kinetis adalah gaya gesekan yang bekerja pada benda ketika benda sudah bergerak. Nilai gaya gesekan kinetis selalu tetap, dan dirumuskan dengan:
      Dimana µk adalah koefisien gesekan kinetis benda
Antara koefisien gesekan statis dan gesekan kinetis mempunyai nilai yang berbeda, nilai koefisien gesekan statis selalu lebih besar daripada nilai koefisien gesekan kinetis benda.

Contoh beberapa gaya gesekan yang merugikan:

Ø  Gaya gesekan pada mesin kendaraan menyebabkan mesin cepat aus, cepat panas dan penggunaan bahan bakar menjadi boros.
Ø  Gaya gesekan pada permukaan yang sedang bergerak menimbulkan panas pada permukaan tersebut. Ban yang melaju dengan waktu yang lama akan menjadi panas dan mudah pecah.
Ø  Gaya gesekan antara air hujan dengan tanah pegunungan yang tandus menyebabkan erosi dan kesuburan tanah menjadi berkurang.



                                                                                               


15 komentar: