Senin, 28 November 2016

penerapan Hukum III newton




                                                                                    Senin, 12 september 2016
                                                                                    16:25 wib



            Hari ini saya pulang kuliah pukul 15:20 wib. Pulang dengan berjalan kaki memang sangat melelahkan apalagi cuaca hari ini cukup panas. Setelah saya sampai di kamar saya menaruh tas saya dan segera mencuci muka, berhubung tugas kuliah tidak terlalu banyak dan saya juga sudah mulai mengantuk jadi saya putuskan untuk tidur siang walaupun tidak bisa di katakan siang karena mengingat ini sudah menginjak pukul 15:30 wib. Saya tidur kurang lebih 30 menit. Skitar pukul 16:25 saya bangun, karena masih dalam keadaan mengantuk tanpa sadar saya berjalan dan kaki saya menendang kursi. Memang tidak terlalu keras tapi rasanya cukup sakit. Peristiwa tersandung nya kaki saya ini merupakan salah satu contoh dari penerapan Hukum III Newton.

            Menurut Newton “apabila sebuah benda di beri gaya maka benda tersebut akan memberikan gaya yang sama sebagai balasan di mana gaya balasan tersebut sama besar dengan gaya yang di terima tetapi arahnya berlawanan. Mengapa kaki terasa sakit saat tanpa sengaja menendang tembok ?. hal ini disebabkan saat kita memberi gaya ( menendang ) kursi maka kursi juga akan membalas dengan gaya yang sama besarnya sama ke pada kaki kita. Gaya yang kita berikan pada kursi pada saat menendang kursi di sebut gaya aksi, gaya aksi ini arahnya menuju kursi. Sedangkan gaya yang di berikan kursi di sebut gaya reaksi, gaya reaksi arah nya menjauhi kursi.

            Rumus Hukum III Newton                                                                        
       hukum III newton dapat dituliskan :

F aksi = - F reaksi


            Gaya merupakan besaran vektor yang mempunyai nilai dan arah, tanda negatif menunjukkan arah gaya reaksi berlawanan dengan gaya aksi. Adapun syarat berlakunya Hukum III Newton atau hukum aksi reaksi kedua gaya sama besar, kedua gaya arahnya berlawanan, bekerja pada dua benda yang berbeda. Gaya yang bekerja pada aksi reaksi disebut gaya sentuh. Hukum III Nwton juga berlaku pada gaya tak sentuh, seperti pada gravitasi bumi. Gaya gravitasi bumi dapat menyebabkan benda-benda dapat jatuh kebumi.

SEKIAN ONE DAY ONE PROBLEM HARI INI !!!

1 komentar: