Minggu, 27 November 2016

televisi




                                                                                               Jumat, 9 september 2016
                                                                                              19:00 wib
       


     Untuk mengurangi kebosanan, saya dan keluarga menonton televisi. Jujur dulu sebenarnya saya kurang suka menonton tv tapi karena kurang lebih sudah 1 bulan saya di Indralaya dan selama itu saya sama sekali belum pernah menonton tv, saya jadi merindukan tv, apalagi hari ini menonton tv nya bersama keluarga.

            Televisi merupakan salah satu contoh dari gelombang elektromagnetik.  Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat walaupun tidak ada medium. Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa di ukur, yaitu : amplitudo, panjang gelombang, frekuensi, kecepatan. Amplitudo adalah tinggi gelombang, sedangkan panjang gelombang adalah jarak antara dua puncak. Frekuensi adalah jumlah gelombang yang melalui suatu titik dalam satu satuan waktu. Frekuensi tergantung dari kecepatan merambat nya gelombang. Karena kecepatan energi elektromagnetik adalah konstan ( kecepatan cahaya ), panjang gelombang dan frekuensi berbanding terbalik. Semakin panjang suatu gelombang semakin rendah frekuensinya, dan semakin pendek suatu gelombang maka semakin tinggi frekuensinya.
        
    Energi elektromagnetik dipancarkan, atau di lepaskan oleh semua masa di alam semesta pada level yang berbeda – beda. Semakin tinggi level energi dalam suatu sumber energi, semakin rendah panjang gelombang dari energi yang di hasilkan, dan semakin tinggi frekuensinya. Perbedaan karakteristik energi gelombang di gunakan untuk mengelompokkan energi elektromagnetik.

            Ciri – ciri gelombang elektromagnetik:

1.      Perubahan medan listrik dan medan magnetik terjadi pada saat yang bersamaan, sehingga kedua medan memiliki harga maksimum dan minimum pada saat yang sama dan pada tempat yang sama.
2.      Arah medan listrik dan medan magnetik saling tegak lurus dan keduanya tegak lurus terhadap arah rambat gelombang.
3.      Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang transversal.
4.      Seperti hal nya gelombang pada umumnya, gelombang elektromagnetik mengalami peristiwa pemantulan, pembiasan, interferensi dan difraksi. Juga mengalami peristiwa polarisasi karena termasuk gelombang transversal.
5.      Cepat rambat gelombang elektromagnetik hanya bergantung pada sifat – sifat listrik dan magnetik polarisasi karena termasuk gelombang transversal.



sekian one day one problem hari ini ^-^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar